Penelitian di Jepang mengatakan bahwa Fingerprint dapat diduplikasi!

Photo fingerprint manusia

Riset Talkers, Teknologi informasi yang begitu cepat membuat berbagai macam kemudahan dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali teknologi keamanan digital. Mulai dari absensi kantor, laptop, tablet, smartphone dan berbagai perangkat lainnya menggunakan sidik jari atau fingerprint. Alasan penggunaan teknologi ini cukup simpel yaitu keamanan. Banyak orang mengira fingerprint ini merupakan perangkat yang paling aman untuk menjaga privasi dan tidak bisa diduplikasi karena struktur jari manusia adalah unik. Namun pertanyaanya apakah fingerprint benar-benar aman?

Baru-baru ini, peneliti di Jepang yang tergabung dalam Japan’s National Institute of Informatics (NII)  menemukan bahwa fingerprint dapat diduplikasi. Kemajuan teknologi di bidang dibidang lensa/optik pada kamera digital yang melatar belakangi penelitian ini dilakukan.

Isao Echizen mengatakan bahwa percobaan yang dilakukan cukup mudah, para peneliti mengambil foto jari manusia dari jarak 3 meter dengan menggunakan kamera digital dan hasilnya fingerprint sudah tersedia. Echizen menambahkan bahwa data fingerprint dapat dibuat kembali dengan mudah dengan cara pengambilan gambar dengan pencahayaan yang kuat.

Teknologi terkini membuat fingerprint dapat dengan mudah diduplikasi. Terkait dengan hal tersebut NII juga membuat film transparan yang tebuat dari titanium oxide yang berfungsi sebagai pelindung fingerprint yang dipasangkan dijari sehingga fingerprint tidak mudah dicuri. Namun para peneliti mengatakan bahwa teknologi ini baru akan siap pada 2 tahun kedepan.

Referensi:  

  1. https://phys.org/news/2017-01-japan-fingerprint-theft-peace.html
  2. http://www.clipartkid.com

 

Author Image

About Agung Laksono

Agung Laksono adalah Researcher Remote Worker (RRW) di salah satu kampus di Indonesia dengan fokus di systems area. Selain itu Agung juga passionate di bidang programming, bisnis, dan berharap bisa traveling around the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *