TOEFL Tips: Melejitkan TOEFL iBT Score pada Reading Section

Tips meningkatkan kemampuan Reading section pada tes TOEFL

Apakah Riset Talkers sedang mempersiapkan untuk studi lanjut keluar negeri? Atau Riset Talkers sedang berusaha keras untuk dapat lulus dari kampus tercinta tapi terkendala dengan nilai TOEFL yang masih dibawah standard? Minggu lalu Riset Talk memberikan sumber-sumber belajar online TOEFL. Minggu ini kami akan membuat artikel serial tentang tips-tips untuk meningkatkan nilai TOEFL kamu sekalian. Pada artikel pertama inia yang akan dibahas adalah tips untuk mengasah reading skill, khususnya dalam persiapan ujian TOEFL.

Pada dasarnya, semua US News and Magazine adalah sumber daya yang bagus buat belajar TOEFL. Namun, perlu diingat bahwa TOEFL adalah tes bahasa inggris yang ditujukan untuk akademik, sehingga kita harus lebih selektif dalam memilih sumber daya yang kita gunakan untuk belajar dalam persiapan TOEFL. Yuk kita bahas satu per satu sumber daya yang bisa kita gunakan.

Pertama adalah Magoosh TOEFL FlashCard. Flashcard ini dibuat sedemikian rupa oleh Magoosh, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang edukasi khususnya tes masuk perguruan tinggi seperti TOEFL, GRE, SAT, dan lain sebagainya. Aplikasi Flashcard yang bisa dijalankan via web browser dan android ini sangat bagus jika digunakan sebagai fun learning harian.  Berikut tampilannya:

Magoosh flashcard versi web
Flashcard yang berisi definisi dan contoh penggunaan kata

Keunggulan lain dari Flashcard ini yaitu tampilannya yang elegant dan simple. Sebagai contoh, ketika sebuah vocabulary di klik maka akan muncul definisi beserta dengan contoh penggunaan kata didalam kalimat. Sehingga, selain mengetahui definisi dari sebuah kata, kita pun dapat melihat contoh penggunaan kata tersebut didalam kalimat. Cukup mudah bukan?

Kedua, US credible news. Riset Talkers, ternyata flashcard masih belum cukup untuk memperoleh nilai TOEFL yang bagus. Riset Takers harus terbiasa dengan konteks kalimat dan menangkap ide dari bacaan yang cukup panjang. Sebagai gambaran, untuk TOEFL iBT, Reading Passage  atau materi bacaannya berjumlah kurang lebih 700 kata. Dengan bacaan yang cukup panjang tersebut, kita harus dapat menangkap main idea dari masing-masing paragraf dan biasanya pertanyaannya adalah jenis pertanyaan yang tersirat, atau memilih makna yang tersembunyi. Situs-situs berita yang direkomendasikan yaitu New York Times, The Economist, The Atlantic Monthly, The New Yorker. Buat Riset Talkers yang memiliki keterbatasan dalam vocabulary, tantangan terbesar membaca situs-situs berita tersebuat adalah seringnya menemukan kata-kata sulit, sehingga kamus adalah sahabat terbaik ketika membaca berita-berita tersebut. Sebagai alternatif, Riset Talkers bisa menggunakan add-ons kamus seperti grammarly.com.  sekaligus menjadi tips ketiga pada artikel ini.

Tips ketiga adalah grammarly. Untuk Riset Talkers yang biasa menggunakan google chrome, bisa download add-on grammarly disini atau untuk Mozilla Firefox dapat di download di sini. Add-on ini extremely useful saat kita sedang browsing dan mengalami kesulitan dalam memahami suatu kata. Riset Talkers tinggal block kata sulit tersebut, maka secara otomatis akan muncul definisi atau sinomimnya. Gampang kan!.

Gak cuma itu, ketika kita sedang menulis via browser, seperti menulis blog, posting facebook, twitter dan lain sebagainya, applikasi add-on ini juga membantu kita mengoreksi struktur kata atau grammar tulisan kita tersebut. Hebat kan?

 

Tips terakhir untuk Riset Talkers semua adalah konsisten. Pribahasa mengatakan

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit

Lakukan latihan secara konsisten, pasang target belajar harian dan jangan berhenti sebelum berhasil mendapatkan nilai TOEFL terbaik. Semua tips diatas tidak akan berpengaruh apa-apa jika Riset Talkers latihan hanya giat di awal dan menghilang kemudian. Lakukan latihan secara konsisten, meskipun hanya 30 menit per hari. Yakin dan konsisten lah. Tunggu tips TOEFL selanjutnya minggu depan ya! Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Author Image

About Agung Laksono

Agung Laksono adalah Researcher Remote Worker (RRW) di salah satu kampus di Indonesia dengan fokus di systems area. Selain itu Agung juga passionate di bidang programming, bisnis, dan berharap bisa traveling around the world.

3 thoughts on “TOEFL Tips: Melejitkan TOEFL iBT Score pada Reading Section

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *