TEDx: Apakah kamu termasuk orang yang bertipe Giver atau Taker?

Riset Talkers, Pernah mendengar pribahasa “Anak dipangku dilepaskan, beruk dirimba disusukan“?. Arti dari pribahasa ini adalah selalu mementingkan untuk membantu orang lain hingga kadang pekerjaannya sendiri tidak selesai. Pribahasa ini sangat relevan dengan pembahasan kita kali yaitu Giver atau Taker.

Adam Grant, seorang professor bidang Psikologi dari Wharton School of the University of Pennsylvania memaparkan fakta menarik terkait dengan giver dan taker. Presentasi di Tedx ini, Professor Adam  Grant menggambarkan tipikal giver sebagai seorang yang lebih condong memberi dan terkadang pekerjaannya sendiri tidak selesai karena terlalu sibuknya menolong orang lain. Karakteristik yang kedua adalah Taker, yaitu orang yang self-center, atau seseorang yang hanya melihat benefit untuknya pada segala hal yang akan dilakukan. Ada satu karakteristik lagi yang menjadi penengah diantara keduanya, yaitu Matcher, yaitu karakteristik diantara taker dan giver, orang yang menimbang cost dan benefit yang akan diperoleh saat melakukan sesuatu. Karakter ini yang umumnya dimiliki oleh kebanyakan orang.

Pada presentasinya di Ted talk, Professor Grant memaparkan hasil analisisnya yang dilakukan terhadap puluhan perusahaan dan ribuan karyawannya. Hasilnya, orang yang bertipe giver, sering kali berada di performa yang paling bawah, dan tidak sedikit pula berada di posisi paling atas. Hal tersebut dikarenakan giver terkadang lebih mementingkan untuk menolong orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Namun disisi lain, giver sering kali mendapat benefit karena kepeduliannya terhadap orang lain yang membuatnya berada di performa terbaik.

Sedangkan untuk tipikal taker, umumnya tipe ini akan sangat cepat untuk berada di puncak performa dan cepat pula terjatuh. Hal ini dikarenakan sifat self-center nya atau dikenal dengan egois yang hanya mementingkan benefit pada individualnya sendiri.

Penasaran ingin melihat pemaparan lengkapnya? Silakan melihat sinopsis bukunya di Amazon.com atau tonton pada video TedTalks berikut ini.

Author Image

About Agung Laksono

Agung Laksono adalah Researcher Remote Worker (RRW) di salah satu kampus di Indonesia dengan fokus di systems area. Selain itu Agung juga passionate di bidang programming, bisnis, dan berharap bisa traveling around the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *