Hugh Herr: Sang Pemimpin Era Bionik

foto Hugh Herr
Hugh Herr, Sang Pemimpin Era Bionik, The New York Times

“Leader of Bionic Age” adalah julukan yang diberikan kepadanya oleh majalah TIME, apakah Riset Talkers mengenal dia? Itulah dia Hugh Herr. Pria yang lahir di Lancaster, Pennsylvania, 50 tahun yang lalu ini mengepalai kelompok riset Biomechatronics di MIT Media Lab. Kelompok riset yang dipimpinnya itu telah melahirkan banyak inovasi-inovasi seperti kaki bionik dan eksoskeleton. RiseTTalk kali ini ingin mengajak Riset Talkers mengenai orang ini lebih dekat.

Masa muda Hugh Herr sangat jauh dengan apa yang kita lihat sekarang ini. Hugh muda, pada usia 17 tahun, lebih dikenal sebagai salah satu pemanjat tebing berbakat dan terbaik di Amerika Serikat. Sampai disuatu hari pada bulan Januari 1982, Hugh mengalami kecelakaan pada saat menjelajah Gunung Washington di New Hampshire. Hugh dan temannya terperangkap badai salju selama tiga hari hingga akhirnya dia mengalami frostbite pada bagian kaki dan terpaksa kehilangan kedua belah kakinya. Meskipun kehilangan kakinya, Hugh tidak patah semangat, ia tetap melakukan apa yang tidak bisa dibayangkan orang lain. Hugh tetap memanjat tebing dengan menggunakan kaki palsu buatannya sendiri. Bahkan dia dapat melakukan apa yang tidak dapat orang normal lainnya, ia membuat kaki palsu berduri tajam yang membantunya memanjat di medan yang berat seperti bebatuan dan es. Hal ini menjadikannya seorang dengan disabilitas pertama yang mempu bersaing dengan pemanjat tebing professional bertubuh lengkap lainnya.

Hugh Herr, tidak menyerah meski kehilangan kedua kakinya.
Tidak menyerah meski kehilangan kedua kakinya.

Setelah berkarir di bidang panjat tebing, Hugh fokus ke bidang akademik dengan melanjutkan sekolahnya ke Millersville University, kemudian memperoleh gelar master mechanical engineering di MIT, dan akhirnya sebuah gelar PhD dari Universitas Harvard.  Setelah itu ia mengambil post-doctoral di MIT pada bidang biomedical devices. Dari situ ia mulai melakukan penelitian pada anggota tubuh buatan.

Saat ini Hugh juga memiliki lebih dari 60 peer reviewed paper dan lebih dari 10 buah paten yang berkaitan dengan perangkat bantu (assistive devices), termasuk di dalamnya adalah lutut buatan yang dapat dikendalikan dengan komputer. Lutut buatan tersebut juga termasuk dalam daftar 10 besar penemuan terbesar di bidang kesehatan oleh majalah TIME pada tahun 2004. Menyusul juga penghargaan-penghargaan lain yang diperolehnya. Terlepas dari itu semua yang dapat kita pelajari dari sosok Hugh Herr adalah sifat pantang menyerah terhadap segala keterbatasan kita dan kerja keras dapat membuahkan perubahan yang berarti di dalam hidup kita dan orang yang ada disekitar kita.

Saksikan pula video presentasi Hugh Herr di acara TED.

Author Image

About Anang D. Satria

Anang Dista Satria has passion in computer science research and technopreneurship. His dream is to build his own hi-tech research based company.

One thought on “Hugh Herr: Sang Pemimpin Era Bionik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *