Hugh Herr: Dengan biomekanik, semua manusia berhak memilih untuk hidup tanpa disabilitas

Hugh Herr at TED after dancing performance
Hugh Herr pada Acara TED

Halo Riset Talkers. Kali ini kami membawa sebuah video tentang penelitian biomekanik yang sangat inspiratif. Hugh Herr, Sang Pemimpin Era Bionik, mempresentasikan hasil penelitannya selama ini di dalam acara TED. Di dalam video yang berdurasi 19 menit ini Hugh tampak menggunakan kaki bionik hasil penelitiannya selama ini. Kaki bionik buatannya ini memiliki kemampuan untuk bergerak layaknya kaki manusia normal pada umumnya. Selain itu dia juga menceritakan tentang sebuah pusat penelitian yang didirikan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bernama “Center for Extreme Bionics”. Pusat penelitian tersebut ditujukan untuk penelitian biomechatronik yang mencakup disabilitas tubuh dan otak.

Selanjutnya Hugh menjelaskan cara kerja kaki bionik miliknya yang memiliki 3 buah interface yang berinteraksi dengan tubuhnya yaitu mekanikal yang berhubungan dengan bagaimana organ bionik menempel pada tubuh biologinya, dinamik yang berhubungan dengan bagaimana organ bionik tersebut bergerak seperti daging dan tulang, dan elektrikal yang berhubungan dengan komunikasi organ bionik dengan sistem saraf. Selain kaki bionik dia juga menunjukkan ekso-skeleton untuk kaki yang dapat memberikan perlindungan bagi persendian kaki saat sedang berlari. Di video ini pula ditunjukkan perbedaan teknologi kaki bionik dengan kaki buatan lainnya. Teknologi biomekanik juga dapat digunakan oleh orang tanpa disabilitas untuk memperkuat gerakan berjalan atau berlari sehingga tidak mudah lelah.

Di akhir video, Hugh mengundang seorang penari yang kehilangan kaki kirinya dalam ledakan bom marathon Boston. Penari tersebut tampak menggunakan sebuah kaki bionik yang dapat membantunya bergerak alami saat sedang menari. Penonton pun bertepuk tangan dengan meriah memberikan apresiasi saat pertunjukan tariannya selesai.

Inti dari presentasi yang dibawakan oleh Hugh Herr adalah disabilitas tidak akan pernah membatasi manusia, melainkan teknologi yang ada saat inilah yang masih terbatas. Kehidupan tanpa disabilitas adalah hak dasar manusia. Silahkan saksikan video lengkapnya di bawah ini. Salam Riset Talkers.

Author Image

About Anang D. Satria

Anang Dista Satria has passion in computer science research and technopreneurship. His dream is to build his own hi-tech research based company.

2 thoughts on “Hugh Herr: Dengan biomekanik, semua manusia berhak memilih untuk hidup tanpa disabilitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *